Hindari Ular Masuk Rumah ! Ini Tips Kadis Damkar Bengkalis Alfakhrurrazy -->

adsterra1

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

adsterra3

Hindari Ular Masuk Rumah ! Ini Tips Kadis Damkar Bengkalis Alfakhrurrazy

, September 04, 2024
Sumber Ilustrasi Dinas Damkar Kabupaten Bengkalis

RIAUEXPRESS, BENGKALIS - Dalam beberapa pekan terakhir, petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bengkalis telah mengevakuasi binatang melata dari berbagai jenis ular, yang masuk ke pemukiman penduduk.


Hal itu juga akibat perubahan musim khususnya di wilayah Kabupaten Bengkalis, yang semula musim panas menjadi musim hujan. Sehingga ketika air bah, sungai atau parit meluap, maka sarang ular yang biasanya di dalam semak-semak akan basah dan mengakibatkan ular akan mencari tempat yang lebih nyaman.


Kebiasaan pilihan ular tempat yang lebih nyaman adalah kawasan pemukiman warga, yang tujuannya bisa masuk ke dalam rumah, karena akan terhindar dari luapan air akibat air hujan.


Sehubungan hal ini Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran (Kadis Damkar) Kabupaten Bengkalis, H. Alfakhrurrazy menyampaikan tipsnya, untuk mengantisipasi agar ular tidak masuk ke dalam rumah.


"Ini sebuah imbauan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis, karena beberapa pekan belakangan ini, petugas kita sering melakukan evakuasi ular yang masuk ke pemukiman, dan bahkan ada beberapa kasus ular tersebut sudah sempat masuk ke dalam rumah, dan sampai makan hewan ternak, "ujar pria dengan panggilan Bang Razi ini, Rabu (04/09/24).


Oleh sebab itu, lanjutnya, mudah-mudahan dengan menerapkan tips ini, rumah bisa terhindari dimasuki oleh binatang melata jenis ular ini. Karena ular biasanya menyukai tempat lembab, termasuk rumah yang kotor dan tidak kering.


Berikut Tips agar ular tidak sampai masuk ke dalam rumah;


1. Rumah rajin disapu dan dipel diberi kapur barus serta pewangi lantai (ular tidak suka dengan wangian);


2. Jangan biarkan ada tumpukan barang" (kardus, dedaunan, dan kain) yang membuat sudut-sudut rumah lembab;


3. Jangan biarkan ada tikus atau pipis tikus di rumah karena ular suka makan dan mendekati pipis tikus;


4. Jangan menumpuk sampah di rumah;


5. Buat pagar khusus dan saringan disaluran air;


6. Jaga jarak dan panggil bantuan tenaga profesional jika bertemu ular di rumah.


7. Hubungi Damkar Kab. Bengkalis dengan Nomor : 0821-8331-7631.**

TerPopuler